Kamis, 27 Oktober 2016

Kenali Lingkungan Kampus Tercinta



Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) salah satu kampus terfavorit karena letaknya yang berdekatan dengan kampus terfavorit juga yaitu Universitas Indonesia (UI). Kampus yang terletak di Depok, Jawa Barat ini, banyak menarik para siswa di seluruh Indonesia agar bisa masuk kampus tersebut.

Saat memasukinya, di sepanjang jalan tentunya banyak ditemukan pohon-pohon yang rindang serta udara yang sejuk karena memang letaknya masih dekat kawasan Bogor. Tak hanya itu, Banyak juga Bus Politeknik (Bipol) yang berlalu lalang memasuki kampus dan mengangkut mahasiswanya.

“Tiap pagi, saya wajib naik bipol seusai turun di stasiun UI karena lebih hemat biaya soalnya kan gratis dari pada harus naik ojek. Makanya saya berangkat pagi dari rumah supaya bisa kebagian bus ini dan enggak telat masuk ke kelas,” ujar Rachel, mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan itu.

Selain bus, ada juga sepeda yang disediakan bagi mahasiswa kampus. Namun, banyak juga yang menggunakan motor atau mobil pribadi untuk akses menuju kampus.

Memasuki kawasan kampus yang bebas asap rokok ini, terlihat gedung tinggi dari berbagai jurusan yang ada serta tersedia lab atau bengkel di tiap jurusannya. Gedung-gedung tersebut berdiri sangat kokoh dan struktur bangunannya tertata dengan rapi yang dicat berwarna putih. 

Koridor di sepanjang jalan yang melewati tiap jurusan juga terdapat pemberitahuan informasi dari tiap UKM yang dihias warna-warni demi mempercantik area tersebut agar lebih hidup. Jalan yang berkelak-kelok mengikuti koridor itu membuat bunyi sepatu mahasiswa terdengar saat melewati gedung di tiap jurusan. Pendopo di masing-masing jurusan juga tersedia untuk sekedar berkumpul dan tertawa bersama.

Panas matahari mulai menyengat, menandakan siang hari. Gedung di tiap jurusan mendadak sepi dan tak banyak orang berlalu lalang. Ternyata, semua berpusat di kantin yang ada di kampus tersebut. 

Ya, PNJ memiliki 3 kantin sekaligus untuk menampung banyaknya mahasiswa tiap siang hari. Kantin yang memiliki berpuluh kursi dan meja tersebut dimanfaatkan para mahasiswa untuk mengisi kosongnya perut di tengah teriknya matahari. Tak butuh banyak kipas angin karena letaknya outdoor dikelilingi oleh pepohonann hijau dan angin yang menyerang terasa begitu menambah keasyikan pada saat makan dan berbincang-bincang.

Begitu banyak fasilitas yang disediakan selain bus dan sepeda, juga terdapat Gedung Serba Guna (GSG) dan Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa). Dua tempat inilah seluruh mahasiswa menggunakannya untuk sekedar acara seminar dan tempat berkumpulnya seluruh UKM yang ada di kampus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar