Kamis, 27 Oktober 2016

Masalah Jerawat Masalah Kaum Wanita



Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung , dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah tersebut akan meninggalkan bekas luka.
Selain ditandai dengan gejala-gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik, kadang-kadang jerawat juga menyebabkan kulit mudah terasa panas, gatal, dan sakit saat disentuh. Ada beberapa bagian pada tubuh yang biasanya ditumbuhi jerawat dan yang paling umum adalah wajah.
Jerawat merupakan kondisi yang umum, artinya sebagian besar orang pernah mengalaminya. Terutama kaum hawa sering khawatir bila bintik jerawat sudah ada di wajah mereka. Bahkan melakukan hal apapun agar terhindar dari jerawat. Sebagian kaum hawa juga mengatakan bahwa jika wajah sudah ditumbuhi jerawat maka mereka merasa tidak percaya diri bila berjalan di lingkungan sekitar karena merasa diri mereka sudah tak cantik rupawan lagi.
Diah salah satunya, mahasiswa di salah satu universitas di Bekasi, mengatakan, “Ih pokoknya sebel deh kalau ada jerawat di wajah bikin gak percaya diri untuk pergi ke mana-mana. Malu aja gitu mukanya gak mulus lagi. Terkadang jika ada jerawat yang muncul di wajah, saya langsung kalau mau pergi ke mana harus menggunakan masker buat nutupin wajah yang ada jerawatnya,” jelasnya.
Aku pun pernah mengalami tumbuhnya jerawat-jerawat di sekitar wajah. Panik yang membuatku berujung stres mengakibatkan semakin banyaknya jerawat yang timbul di wajahku. Ketika aku merasa jerawat itu sudah sangat mengganggu, dengan cepat aku pun segera mengambil langkah untuk memeriksakan apa yang dialami oleh kulit sekitar wajahku.
Menurut dr. Siliana Josef, seorang dokter kecantikan langgananku di salah satu rumah sakit di Bekasi mengatakan sebenarnya timbulnya jerawat diakibatkan oleh suhu udara (debu), kurangnya istirahat atau tidur malam, stres, serta makan makanan pedas dan berminyak adalah pemicu utama yang sering terjadi dan mengakibatkan timbulnya jerawat karena kulit pada wajah mengalami kelebihan vitamin C.
Dr. Siliana menambahkan bahwa timbulnya jerawat juga disebabkan oleh tangan kita yang kotor lalu tanpa terasa memegang area wajah. Wajah itu merupakan salah satu kulit yang paling sensitif ketika disentuh. Wajah akan cepat merangsang kotoran dari tangan kita untuk masuk ke dalam pori-pori dan mengakibatkan tumbuhnya bintik-bintik jerawat.
Ia pun langsung memberikan sejumlah perawatan agar jerawat itu hilang dari permukaan wajah. Salah satunya diberikan sabun pencuci wajah, krim whitening untuk menghilangkan bekas jerawat, obat-obatan berupa tablet yang dikonsumsi agar jerawat tidak balik lagi ke wajah, serta memberikan sejumlah pesan yang dilarang selama proses penyembuhan dan perawatan tersebut.

4 komentar: